FULL VERSION GAMES

Sabtu, 01 Mei 2010

Kalimat Tanya

Kalimat Tanya adalah kalimat yang dipergunakan dengan tujuan memperoleh reaksi berupa jawaban dari yang ditanya atau penguatan sesuatu yang telah diketahui oleh penanya.

Ciri Kalimat Tanya

Ciri kalimat tanya adalah:

· pemakaian kata tanya: apa, siapa, di mana, bagaimana,

· mengapa, dan lain-lain.

· pemakaian kata bukan atau tidak?

· pemakaian klitika -kah pada predikat kalimat yang diubah

· susunannya SP? PS

· pemakaian intonasi naik pada suku kata akhir.

Jenis Kalimat Tanya

ü Kalimat Tanya Klarifikasi dan Konfirmasi Yang dimaksud kalimat tanya klarifikasi (penegasan) dan kalimat tanya konfirmasi (penjernihan) ialah kalimat tanya yang disampaikan kepada orang lain untuk tujuan mengukuhkan dan memperjelas persoalan yang sebelumnya telah diketahui oleh penanya.

ü Kalimat Tanya Retoris Kalimat tanya retoris adalah kalimat tanya yang tidak memerlukan jawaban atau tanggapan langsung. Kalimat Tanya retoris biasanya digunakan dalam pidato, khutbah, atau orasi.

ü Kalimat Tanya Tersamar Kalimat tanya tersamar maksudnya adalah kalimat tanya yang mengacu pada bermacam maksud. Dengan kalimat Tanya penanya bisa menyampaikan berbagai tujuan seperti: memohon, meminta, menyindir, membiarkan, mengajak, menegaskan, menyetujui, menggugah, melarang, dan menyuruh.

ü Kalimat Tanya Biasa Kalimat tanya biasa bersifat menggali I nformasi, biasanya menggunakan kata tanya. Kata tanya yang biasa dipergunakan ialah apa, di mana, siapa, kapan, mengapa, bagaimana.

0 komentar:

Posting Komentar