FULL VERSION GAMES

Minggu, 12 Agustus 2012

Astagfirullah, Ada Game Jadikan Pemainnya sebagai Tuhan



Di dalam surah Al Ikhlas ayat keempat tegas disebutkan, jika tidak ada seorang pun yang setara dengan Allah SWT sebagai Tuhan. Tapi jejaring sosial Facebook melansir sebuah game baru yang mendaulat para pemainnya sebagai Tuhan.

Tak pelak game baru 'Idle Worship' itu pun menuai kontroversi. Game itu memicu keberatan dari sebagian kalangan dengan permainan 'menjadi Tuhan' bagi yang memainkannya.

Sejak dirilis pada Maret 2012 lalu, game keluaran perusahaan perangkat lunak 'Idle Games' ini langsung meroket masuk jajaran tangga game terfavorit di dunia maya. Ide utama permainan ini adalah mensimulasikan para gamers untuk bermain sebagai Tuhan.

Dalam game ini, para pemain dapat digambarkan dapat menciptakan makhluk dari lumpur. Makhluk tersebut disebut sebagai bangsa Mudling atau manusia lumpur. Dan entah kebetulan atau memang disengaja, mahluk yang dimainkan dan digambarkan sebagai Tuhan tersebut, bermata satu. Penggambaran yang kerap dihubungkan dengan sosok Dajjal.

Permainan itu bertujuan untuk menciptakan peradaban baru dan merangkul sebanyak mungkin pengikut agama. Semprulnya, gamers dibebaskan memperlakukan makhluk ciptaaan mereka agar mendapatkan pengikut sebanyak mungkin.

Agar terus dapat disembah oleh para Mudling, pemain dibebaskan untuk memperlakukan makhluk-makhluk sesuai kehendak hati. Gamers bisa memberikan siksaan, mengirim bencana alam, hingga menjatuhkan kutukan untuk menunjukkan eksistensinya sebagai Tuhan.

Dan lebih gilanya lagi, pemain juga dapat berbuat baik pada makhluknya dengan mengirimkan utusan atau nabi, hingga memberikan berbagai macam anugerah. Kegilaan tak berhenti disana. Pemain juga dapat memerintahkan makhluk-makhluknya untuk berperang melawan bangsa Mudling lain milik gamers lainnya yang terhubung lewat jaringan internet.

Kolumnis di laman Forbes, Dave Their, menyebut Idle Worship merupakan game paling ambisius yang pernah merambah Facebook. Ia memprediksi game ini dapat menjadi salah satu game terfavorit di dunia maya.

Game ini juga dinilainya dapat merubah haluan game-game sosial di masa mendatang. "Idle Worship adalah 'god game', di mana setiap pemain mengontrol ketuhanannya, beberapa pulau, dan bangsa Mudling yang hidup dalam pulau tersebut," kata dia seperti dilansir Forbes.com.

0 komentar:

Posting Komentar