DOWNLOAD GAMES DISINI

HTTP://IKY94.BLOGSPOT.COM

Rabu, 07 Juli 2010

Mengatasi Masalah Komputer Tidak Bisa Masuk Ke Windows

Dalam postingan ini saya akan coba membahas tentang mengapa komputer gagal masuk ke Windows.

Ketika komputer baru menyala dan tidak mau masuk ke windows dengan tulisan error atau hanya menampilkan blue screen, bisa disebabkan oleh banyak hal, antara lain :


1. Ada file dalam Sistem operasi Windows yang tidak sengaja terhapus

2. Ada virus, spyware atau trojan yang ikut ‘loading’ ketika komputer startup

3. Ada file (driver) rusak yang rusak, dan ketika dibaca oleh Windows gagal

4. Ada kerusakan pada hardware, terutama pada memori komputer atau harddisk

5. Sistem operasi Windows rusak atau belum selesai diinstalasi

6. Ada setting BIOS yang di-setting tidak benar atau baru diubah

Berikut adalah solusi untuk menghadapi masalah-masalah di atas yang bisa anda lakukan.

1. Startup dengan menggunakan metode ’safe mode’ (tekan F8 atau F5 ketika komputer pertama kali mau masuk ke Windows, lalu pilih ’safe mode’). Kalau komputer berhasil masuk ke Windows berarti ada ‘loading’ yang tidak bisa dibaca oleh Windows secara benar. Matikan ‘loading’ tersebut dengan menggunakan perintah ‘msconfig’ pada bagian startup (panggilnya di start>run>msconfig)

2. Kalau komputer tidak bisa masuk ke Windows, cara termudah adalah repair Windows. Caranya adalah masukkan CD instalasi Windows, lalu ubah BIOS untuk startup lewat CD/DVD-ROM, setelah instalasi masuk ke bagian install Windows, pilihan opsi repair Windows. Anda bisa menginstall ulang Windows ke folder baru atau menformat harddisk bila ternyata repair Windows gagal.

3. Pastikan bahwa Anda tidak mengubah setting BIOS sebelumnya, kalau ada Anda sebaiknya mengembalikannya seperti semula, kalau lupa sebaiknya pilih opsi ‘Loading BIOS default’.

4. Bila langkah-langkah di atas gagal semua, kemungkinan ada kerusakan pada hardware. Kerusakan pada umumnya terletak pada memori dan harddisk. VGA dan mainboard mungkin juga bisa rusak, tapi kemungkinannya sangat kecil.

5. Kerusakan driver VGA card bisa juga menyebabkan Windows tidak bisa masuk. Kalau hal itu terjadi, Anda harus startup di mode ’safe mode’ lalu uninstall driver VGA yang rusak terlebih dahulu, dan baru install kembali driver VGA yang benar ketika masuk ke Windows secara normal.

Itulah langkah-langkah pertama yang bisa anda lakukan untung mengatasi error saat masuk windows baik itu blue screen atau yang lainnya. Jika masih saja bermasalah yang bisa anda lakukan adalah install ulang windows atau bawa ke tukang service.

Semoga Bermanfaat…

51 komentar:

kalau pas waktu loading sudah terbuka windows, kemudian langsung terjadi blank hitam di monitor....( gak konek) gmn tuh gan? apa penyebabnya tks.. kirim ke email saya jg ya : azizdonk@gmail.com

sony vaio saya gak bisa masuk windows....cuma layar hitam ada tanda minesnya kedip2...tapi semua kebaca dibios....kira2 kenapa ya bro?mohon solusinya,kirimke email juga(beyonce_swa@yahoo.com)makasih sebelumya

kalo power supply bermasalah gak yah?

cuy klo saat pas mw masug ke BIOS g bisa masug gmn cara na ???

axioo gw juga gak bisa masuk windows....cuma layar hitam ada tanda minesnya (cursor) kedip2...kalau coba masuk lewat safe mode prosesnya gak selesai tapi hanya sampe tulisan begini ".... windows\system32\drivers\vjjculqo.sys " . Kira2 kenapa ya bro? help me plis,kirim ke email dejavu_hadi@yahoo.co.id makasih sebelumya

komputer aku lebih aneh gak bisa masuk ke windows. boro2 ada pesan error, atau blue screen.

padahal harddisk, dipakai di komputer lain bisa berjalan dengan baik.
udah coba ganti ram, vga, hardisk, gak bisa jalan.

mungkin para pakar bisa mengirimi saya saran lewat email aja ke nyisriah@gmail.com

komputer saya tidak bisa masuk windows, dan ada blue screeen tapi sebentar terus langsung restart lagi ,,,say sudah melakukan tip dari langkah 1-3 seperti dijelaskan diatas,, panya yah,,,,,

Malam sob....

Komputer sya ngk mw masuk windows...
motherboard sy merk ENPC.... gni gejalanya pas takn tombol power ada bunyi tit 1x, kemudian hanya ada tampilan ENPC doank (baground putih tulisannya ditengah2). n prosesnya hanya sampai distu. ngk mw ke proses selanjutnya...

keadaan normal biasa nya langsung masuk windows.

sya masuk ke bios jg ngk mw. itu gmna ya??? bisa kasi solusi ngak????

aduhhh koq betulin komputer susah banget yahhh....

kalau pas waktu loading sudah terbuka windows, kemudian langsung terjadi blank hitam di monitor.... gmn tuh gan? apa penyebabnya .. kirim ke email saya jg ya okykristafian@yahoo.com

klo sistemnya ga mau msk ke start windows, abis booting sllu ngerestart trs, trs mau d instal ulang jg ttep ngerestart trs, caranya bnrinnya gmna ya om ?
thanks kirim ke email ya om royvandra@yahoo.com
thanks lg :)

gun, mb g31-m7 te saya cnipset vga nya panas bgt,effectnya :
1. ketika mau masuk windows (xp2) gak bisa, layar blank dan numlock gak bisa di fungsikan alias heng total. dan
2. ketika mo di install mau masuk ke step 2 (windows) gak bisa juga, sama seperti diatas numlock gak bisa di fungsikan alias heng total, apa vga chipsetnya rsak, atau apa ada jalan atau settingan lainnya gan yang bisa membuat kembali normal/bagus....
mohon bantuan nya gun

bro.. kalo stelah di instal bisa .. lama lama muncul pilihan safemod..
tapi gak bisa masuk safemod juga.. kira2 apanya bro...
tapi amsuk bios bisa.

Om....saya punya msalah saat mau msuk window jd balik kya yg restart....
saya uda coba bongkar pasang memori dan HD saya baik2 saja...Mainboard jg baru ganti.dan saya coba menggunakan monitor tabung takut resolusi g kuat...
tp msi te2p g bsa msuk window utama cuma sampai bacaan window xp abis itu blik lg....
mohon bantuan nya Om..

saya bisa masuk windows dengan normal tapi bila masuk sebagai guest tidak bisa,dan administrator di safe mode ngk bisa,kenapa ya,mohon pencerahannya,thx

Pak, saya mau tanya. kalau laptop (win 7) saya sudah loading sampai proses yang terakhir sebelum dia masuk ke windows yaitu pada saat ada tulisan please wait... tapi anehnya dia tidak kunjung masuk2 ke windowsnya juga. jadi bagaimana saran bapak? sebelumnya saya sudah mencoba memasukkannya lewat safe mode sesuai saran bapak. tapi hasilnya sama seperti yg saya katakan tadi.
Tolong di balas melalui kiriman email ke email saya, william_setiawan1994@yahoo.com
Terima kasih.

komputer aku lebih aneh gak bisa masuk ke windows. boro2 ada pesan error, atau blue screen.

padahal harddisk, dipakai di komputer lain bisa berjalan dengan baik.
udah coba ganti ram, vga, hardisk, gak bisa jalan.

mungkin para pakar bisa mengirimi saya saran lewat email aja ke ber2_0039@yahoo.com.com

lptop tmen saya brmasalah pas start up... tdnya abis uninstall AVG.. tp pas restart msuk k safe mode.. gmn tuh ??

kalo mau instal ada software eror bagaimana carnya bos

nampak begini

The windows Installer service could not be accessed
This can occur if you are running windows in safe
mode,or if the windows installer is not correctly
instted.contact your support personnel for assistance.


gimana mengatasinya

kalau pas waktu loading sudah terbuka windows, kemudian langsung terjadi blank hitam di monitor {not of range)
kirim ke pra_derta@yahoo.co.id

wah pada curhat nich???tapi mana solusinya?????

gan klo pas di repair jga gk bisa gimana?

Klo saya lebih aneh.. Boro" loading wndows. Habis ad tulisan Byon(merek laptop saya) aj langsung layar hitam., gmana nih gan

Thanks for Shared... It's very important for me

arrgghh!
setelah loading windows langsung blank hitam
tolong ane dah pusink sink sink
kirim ke email ane diotcorpse@yahoo.com

kalo kena virus
trus jadi kayak blank
gmn solusinya??

gan klo pas di repair jga gk bisa, disuruh repair mulu,trus shut down.
pas dihidupi disuruh repair lagi trus shut down, terus begitu lag pas dihidupi.
pasnyoba pake kaset ttp g bisa, sama sprti diatas tadi
SETERUSNYA BEGITU TERUS!!

mohon solusinya gan
kirim ke krnwnarf@ymail.com

gan tolong pencerahannya dong, komputer ane pas abis loading windows cuma ada blue screen,tolong ane ya gan kirim ke ; algibranramadhan@gmail.com

kalo masuk safe mode juga susah???

accer 522 saya gak bisa masuk windows gan....cuma layar hitam ada tanda minesnya kedip2...tapi semua kebaca dibios....kira2 kenapa ya bro?mohon solusinya,kirimke email aku gan (linggaches@yahoo.co.id

saaya gak bisa masuk windows....cuma layar hitam ada tanda minesnya kedip2...tapi semua kebaca dibios....kira2 kenapa ya bro?mohon solusinya,kirimke email saya gan linggaches@yahoo.co.id

ini bantu gua banget!!
thx y gan

gan mau nanya..
komp gw gak bisa ngapa2ain nih.. masuk trus di desktop kursornya gak bisa difungsiin kayak loading trus...
stelah gw download gan,, apa kena virus?
solusinya gmna gan???

thanks atas ilmunya gan..., smg bermanfaat, amiin......

Nanya nih gan !!
Kompi ane habis loading Windows trus Pointer mousenya muncul tanda Busy dan gak mau masuk windows lagi ..

Tolong Pencerahannya..
Klo bisa send Email ke huseinhasibuan@gmail.com

Thanks atas tanggapannya.

komputer saya cuma bisa sampai welcome doang mas..bgaimna cara mengatasinya?

cuy w punya jg gt klo tw cara perbaikinya email w ya dwilliam1010@gmail.com

cuy bntuin w donk w punya jg gt
klo tw cara perbaikinya email w dwilliam1010@gmaiol.com

cuy w punya jg gt klo tw cara perbaikinya email w ya dwilliam1010@gmail.com

Pak, saya mau tanya. kalau laptop (win 7) saya sudah loading sampai proses yang terakhir sebelum dia masuk ke windows yaitu pada saat ada tulisan please wait... tapi anehnya dia tidak kunjung masuk2 ke windowsnya juga. jadi bagaimana saran bapak? sebelumnya saya sudah mencoba memasukkannya lewat safe mode sesuai saran bapak. tapi hasilnya sama seperti yg saya katakan tadi.
Tolong di balas melalui kiriman email ke email saya arieval.respect@gmail.com terimakasih

Pak sesudah loading startup yg ada windows xpnya lalu layarnya blank tak terjadi apa apa layar hitam biasanya langsung ada welcome
tlong bantu gw pak
stanly_john@rocketmail.com

mas/pak
pc saya bermasalah nih, sesudah loading start up ampe ke lambang windows xpnya trus habis itu langsung layar hitam...ga ada apa2 lagi...pc saya masih baru, umurnya baru seminggu., kira2 kenapa ya?
mohon bantuannya
yuliartaika@gmail.com

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

lp ane hbis logo acer langsung blank hitam n muncul garis putus2 putih gt gan,...gak bs msuk windows,,..
mnta solusinya gan,.,.

email ane,.
miesbachalakbar17@gmail.com

kalau pas waktu loading sudah terbuka windows, kemudian langsung terjadi blank hitam di monitor....( gak ada respawn) gimana yah repairnya ? dan service nya dimana ?
bagiokhanafi@yahoo.com mohon bantuannya

laptop saya (vaio sve141j11w e series windows 8) layarnya hitam hitam total dan hanya kelihatan kursornya saja, tetapi saat di nyalakan on seperti normal, tolong bantu saya untuk mengatasinya, terima kasih.
kirim ke Audeva2000@gmail.com

gan ntbook sya gk bsa msuk win7, stlah tmbol power di tkan layar glap gan cma ada strip putih yg berkedip di lyar sblah kri atas. Mhn bntuannya gan spya dta sya slmat dan ntbok nyala kmbli. Mksih

makasih gan...ilmunya..

misi,, saya mau tanya. PC (win 7) saya sudah loading sampai proses yang terakhir sebelum dia masuk ke windows yaitu pada saat ada tulisan please wait... tapi anehnya dia tidak kunjung masuk2 ke windowsnya juga. jadi mohon bantuannya,, sebelumnya saya sudah mencoba memasukkannya lewat safe mode. tapi hasilnya sama, tidak mau masuk juga
Tolong di balas melalui kiriman email ke email saya hibert.cilik@gmail.com atau hibert_ciliek@ymail.com
terimakasih

Cuy komputer ane ga bisa masuk ke dalam windows, bios bisa kebuka setelah itu monitor ,hitam sayaa tungguin 30menit ga berhasil juga, udah ganti mobo tetep ga bisa kenapa tuh ya? Tolong email ke bloodseker@hotmail.com thanks

Poskan Komentar